Cagar Budaya Daerah

Untuk melihat galeri TGP Klick disini 

     Nama lembaga sekolah saat itu adalah Ambacht Leergang (Ambach School). Pada awalnya sekolah ini didirikan untuk memenuhi keberadaan industri transportasi, terutama Pendidikan masinis Kereta Api (KA). Kemudian merambah pada industri pengolahan, seiring dengan maraknya jumlah perusahaan pengolahan hasil bumi, Tujuan utama pendidikan ini adalah mencetak tenaga tehnik dari pribumi, mengingat jumlah dan animo dari anak para pegawai kolonial terbatas, sehingga waktu pendidikannya pun terbatas, ditempuh selama 2 (dua) tahun setelah lulus SR (Sekolah Rakyat). Ambach School Pare merupakan sekolah tingkat pertama yang ada di Kediri. Setelah beberapa tahun kemudian baru didirikan MULO di kota Kediri, jurusan dari sekolah ini adalah montir (mekanik) mobil (stir), listrik danpertukangan (kayu dan penata bata)

       Industri transportasi di Kediri juga semakin pesat keberadaannya. Sejak 27 September 1895, berdirilah Kediri Stoomtram Maatschappij (KSM) sepanjang 123 km lengkap dengan berbagai sarana dan prasarananya, Pembangunan Jalur KSM diresmikan secara bertahap dari tahun 1897 – 1899. Jalur dari Kediri, Pare, sampai Jombang sejauh 50 km dibuka tahun 1897, Jalur Pelem (Pare)– Papar sejauh 13,6 km diresmikan tahun 1897, jalur Pare – Kepung sepanjang 11,8 km diresmikan tahun 1898, Jalur Pare–Kencong sepanjang 4,5 km diresmikan tahun 1898, jalur Ngoro-Kandangan sepanjang 7,3 km diresmikan tahun 1898, dan Jalur Kencong–Konto sepanjang 4,2 km diresmikan tahun 1899. Sedangkan keberadaan industri pengolahan sudah ada sejak adanya tanam paksa atau Cultuur Stelsel. Banyak siswa tamatan sekolah ini yang terserap menjadi tenaga kerja di bidang industri tersebut.

     Nama lembaga sekolah saat itu adalah Ambacht Leergang (Ambach School). Pada awalnya sekolah ini didirikan untuk memenuhi keberadaan industri transportasi, terutama Pendidikan masinis Kereta Api (KA). Kemudian merambah pada industri pengolahan, seiring dengan maraknya jumlah perusahaan pengolahan hasil bumi, Tujuan utama pendidikan ini adalah mencetak tenaga tehnik dari pribumi, mengingat jumlah dan animo dari anak para pegawai kolonial terbatas, sehingga waktu pendidikannya pun terbatas, ditempuh selama 2 (dua) tahun setelah lulus SR (Sekolah Rakyat). Ambach School Pare merupakan sekolah tingkat pertama yang ada di Kediri. Setelah beberapa tahun kemudian baru didirikan MULO di kota Kediri, jurusan dari sekolah ini adalah montir (mekanik) mobil (stir), listrik danpertukangan (kayu dan penata bata)

       Industri transportasi di Kediri juga semakin pesat keberadaannya. Sejak 27 September 1895, berdirilah Kediri Stoomtram Maatschappij (KSM) sepanjang 123 km lengkap dengan berbagai sarana dan prasarananya, Pembangunan Jalur KSM diresmikan secara bertahap dari tahun 1897 – 1899. Jalur dari Kediri, Pare, sampai Jombang sejauh 50 km dibuka tahun 1897, Jalur Pelem (Pare)– Papar sejauh 13,6 km diresmikan tahun 1897, jalur Pare – Kepung sepanjang 11,8 km diresmikan tahun 1898, Jalur Pare–Kencong sepanjang 4,5 km diresmikan tahun 1898, jalur Ngoro-Kandangan sepanjang 7,3 km diresmikan tahun 1898, dan Jalur Kencong–Konto sepanjang 4,2 km diresmikan tahun 1899. Sedangkan keberadaan industri pengolahan sudah ada sejak adanya tanam paksa atau Cultuur Stelsel. Banyak siswa tamatan sekolah ini yang terserap menjadi tenaga kerja di bidang industri tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *