Aksi Teater Dalam Lakonnya

Mengudarakan Semangat Perjuangan, Beginilah Bentuk Aksi Teater KYSKYB dalam Lakonnya

Teater KYSKYB SMP Negeri 4 Pare, sering kali menampilkan pertunjukan mengusut tema perjuangan. Memperingati dies natalis SMP Negeri 4 Pare dan serangan oemoem 22 Mei 1949, teater KYSKYB menampilkan seni pertunjukan teater bertajuk “Perjuangan Tentara Genie Pelajar” pada 22 Mei 2023.

Panggung dihidupkan dengan suasana asri pedesaan terlihat dari goresan bibir perempuan berkebaya dan tawa anak-anak yang bermain dengan gembira. Namun waktu mendadak kelam diawali suara sirine menandakan bahaya akan datang. Sesaat kedamaian berubah menjadi kegaduhan, kericuhan, dan ketakutan atas kekejaman antek-antek belanda.

Perempuan disiksa, dijadikan budak, bahkan kesempatan berbicara sudah ditiadakan. Belanda menginjakkan kakinnya di tanah kelahiran kita. Pakaian bersih, kaki bersepatu boots, dilengkapi senjata yang siap melesat kapan saja. Noni-noni berkulit putih, gaun menyapu tanah dengan senyuman sinis dan menghina. Tidak nampak sedikitpun belas kasihan di raut wajah mereka.

Lantas bagaimana dengan nasib ibu pertiwi? Inilah saatnya, datanglah para pelajar dengan pakaian serba hitam dan ikat kepala merah putih tanda perlawanan. Membebaskan pemerintahan keji belanda dengan trek bom yang mereka ciptakan. Bendera Belanda diturunkan dan diganti sang saka merah putih yang berkibar. Teriakan lantang “MERDEKA” dan suara tepuk tangan meriah dari penonton menutup pertunjukan spektakuler ini.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top